Lemak memiliki peran dalam pakan di samping sebagai sumber energi, juga penting sebagai sumber lemak esensial untuk proses pertumbuhan dan pertahanan tubuh.

Lemak digunakan untuk kebutuhan energi jangka panjang, juga untuk pergerakan atau cadangan energi selama periode kekurangan makanan. Dalam tubuh, lemak menyediakan energi dua kali lebih besar dibandingkan protein.



Lemak Bagi manusisa merupakan zai gizi yang dapat menyimpan kelebihan energi yang berasal dari makanan. Fungsi lemat bagi tubuh manusia untuk mempertahankan tubuh tetap sehat dan kebutuhan lemak untuk orang adalah 15% dari kebutuhan energi total.

Kegunaan dan Manfaat Lemak bagi tubuh :
1. Sumber energi. Sumber energi dari lemak menghasilkan 9 kkal pada setiap gramnya dan jumlahnya lebih besar dari pada protein dan karbonhidrat yang hanya sekitar 4 kkal. Lemak yang berada di dalam tubuh disimpan pada bagian-bagian berikut ini: 50% pada jaringan bawah kulit (daerah subkutan), 45% pada ronggaperut yang menyelimuti organ dalam, dam 5% pada jaringan intramuskular.

2. Sumber Asam Lemak Esensial. Lemak tersebut merupakan lemak yang sangat penting bagi tubuh dan tidak dapat di produksi sendiri sehingga perlu mengkonsumsi lemak yang cukup untuk mendapatkan lemak Asam esensial.

Alat angkut vitamin larut lemak
vitamin larut lemak
vitamin larut lemak
beberapa vitamin seperti vitamin larut lemak, tidak dapat didapatkan manfaatnya oleh tubuh tanpa bantuan lemak, karena lemaklah yang membantu proses transportasi dan absopsi nya.selain itu, lemak juga mengandung beberapa vitamin larut lemak ini, sehingga dengan menginsumsi lemak yang cukup tubuh kita juga memperoleh manfaat vitamin larut lemak ini.
3. Menghemat Protein. Kondisi sakit memerlukan lemak yang cukup tinggi, jika tidak ada lemak maka yang digunakan adalah protein.

4. Memberi rasa kenyang. Lemak adalah salah satu zat gizi yang mempu memperlambat sekresi asam lambung dna memperlambat pengosongan lambung sehingga memberikan efek kenyang lebih lama.

5. Sebagai Pelumas. lemak memiliki fungsi sebagai pelumas untuk membantu pengeluarannya

6. Memelihara Suhu Tubuh. sebanyak 50% lemak terdistribusi di bawah lapisan kulit, hal inilah yang membuat tubuh tetap hangat meskipun kondisi di luar tubuh sedang dalam cuaca dingin, dengan demikian tubuh tidak kehilangan panas tubuh secara cepat.

7. Pelindung organ. dengan 45% lemak pada rongga perut, membuat organ-organ yang berada didalam rongga perut akan terselubungi oleh lemak, sehingga lemak dapat melindungi organ tersebut dari benturan dan bahaya lain dari luar tubuh.



Semoga Bermanfaat